Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Kemungkinan Kesulitan Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 – 2012)

Hastuti, Indra and , Dr. Triyono, SE, M.Si and , Dr. Fatchan Achyani, S.E, M.Si (2014) Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Kemungkinan Kesulitan Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 – 2012). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel__Publikasi(1).pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan(1).pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I(1).pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka(1).pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)

Abstract

Kesulitan keuangan memiliki hubungan yang kuat dengan kebangkrutan perusahaan. Terjadinya financial distress dapat diprediksi dengan menggunakan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan dan mekanisme corporate governance dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh struktur kepemilikan, rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, dan ukuran perusahaan terhadap kemungkinan kesulitan keuangan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, tahun 2008-2012 dan sampel penelitian sebanyak 156 perusahaan.Penelitian ini menggunakan regresi logistik sebagai instrumen analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Sementara kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Rasio likuiditas dan rasio aktivitas berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress. Sementara rasio leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. pimpinan perusahaan dan investor serta calon investor,untuk selalu memperhatikan Kepemilikan manajerial, rasio likuiditas, dan rasio aktivitas,karena ketiga variabel tersebut memiliki kontribusi dalam mempengaruhi potensi terjadinya kondisi financial distress.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, rasio keuangan, ukuran perusahaan, dan financial distress
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2014 11:31
Last Modified: 19 Oct 2021 17:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item