Strategi Keberhasilan Nabi Ibrahim Bagi Pendidikan Anak dan Relevansinya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Telaah atas Tafsir Surat Ash-Shaffat ayat 99-113)

, Sahirman and , Dr. M. Muinudinillah Basri, M.A. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2014) Strategi Keberhasilan Nabi Ibrahim Bagi Pendidikan Anak dan Relevansinya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Telaah atas Tafsir Surat Ash-Shaffat ayat 99-113). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (941kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

Strategi Keberhasilan Nabi Ibrahim bagi Pendidikan Anak dan Relevansinya Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (telaah atas tafsir surat ash-shaaffaat ayat: 99-113). Tesis Sahirman, NIM O 000 100 006. Program Studi Magister Pendidikan Islam. Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tahun 2013. Penelitian ini bermaksud meneliti masalah kualitas dan nilai pendidikan pada anak, dengan mengkaji peristiwa mimpi Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail alaihimas salam dalam Q.S Ash-Shaaffaat: 99-113. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, 1) Apa Strategi yang digunakan Nabi Ibrahim dalam mendidik anak dalam Q.S Ash-Shaaffaat: 99-113? 2) Nilai apa yang ingin ditumbuhkan dengan strategi yang dilakukan Nabi Ibrahim dalam mendidik anak yang terdapat dalam Q.S Ash-Shaaffaat: 99-113? 3) Bagaimana relevansi strategi yang dikembangkan oleh Nabi Ibrahim dalam Q.S Ash- Shaaffaat: 99-113 pada kurikulum pendidikan agama Islam di MTs.3 Muhammadiyah Masaran Sragen?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi yang digunakan Nabi Ibrahim yang kaitannya dengan pendidikan anak yang terdapat dalam Q.S Ash-Shaaffaat: 99-113. 2) Mengetahui nilai-nilai yang ingin dihasilkan Nabi Ibrahim dengan strategi yang dilakukan dalam mendidik anak yang terdapat dalam Q.S Ash-Shaaffaat: 99-113. 3) Mengetahui relevansi strategi yang dilakukan Nabi Ibrahim dalam Q.S Ash-Shaaffaat: 99-113 dalam kurikulum pendidikan agama Islam di MTs 3 Muhammadiyah Masaran Sragen. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengacu pada data-data karya ilmiah (library research), pendekatan yang digunakan adalah ilmu tafsir model tematik (maudhu’i), Teknik pengumpulan data adalah dekumentasi, sedangkan dalam menganalis data digunakan analisis isi (conten analysis). Metode induktif digunakan untuk mengambil kesimpulan dari data-data yang telah dianalisis sebelumnya, yang kemudian dijelaskan dengan kata-kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Nabi Ibrahim dalam mendidik anak adalah: pensucian jiwa, berada pada lingkungan yang baik dan terkontrol, memiliki visi misi dan tujuan, memiliki komunikasi yang excellent, memiliki semangat berkorban untuk meraih keridhaan, kecintaan dan pertolongan Allah, memiliki rumus ”al-jaza’ min jinsil amal”. Dan nilai-nilai yang dihasilkan adalah: banyak berdoa, mendirikan shalat, Memiliki kekuatan tekat, Kejujuran, Kesabaran dan memiliki tanggungjawab. Dan strategi pendidikan Nabi Ibrahim sejauh penelitian penulis sangat relevan dengan kurikulum pendidikan agama Islam di MTs.3 Muhammadiyah Masaran Sragen Tahun Ajaran 2009/2010, seperti metode tazkiyah dengan mempelajari manfaat zikir, do’a-do’a, amal kebajikan, tauhid, zakat. memilih lingkungan dengan mempelajari perilaku keseimbangan dalam hidup, Praktek shalat berjamaah, memiliki visi misi dan tujuan dengan mempelajari materi Iman Islam dan Ihsan, sifat-sifat Allah, sebab akibat. metode komunikasi dengan berdo’a sebelum memulai pelajaran, guru menerangkan pelajaran kepada siswa dengan memberikan contoh. membangun semangat berkorban untuk memperoleh keridha’an, kecintaan dan pertolongan Allah dengan mempelajari contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif. memberikan ganjaran dengan meneladani nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, dan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya’.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan, Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2014 09:49
Last Modified: 19 Oct 2021 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item View Item