Pengelolaan Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 1 Ampel Boyolali

Hidayah, Lailatul and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Pengelolaan Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 1 Ampel Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (722kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Bab_0_Lailatul_Hidayah.pdf

Download (889kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1_Lailatul_Hidayah.pdf

Download (292kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2_Lailatul_Hidayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3_Lailatul_Hidayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4_Lailatul_Hidayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5_Lailatul_Hidayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka_Lailatul_Hidayah.pdf

Download (302kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan di Sekolah Dasar Negeri 1 Ampel Boyolali. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang: 1) Karakteristik pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal; 2) Evaluasi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian dan pembahasan: 1) Karakteristik pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dipilih dan ditentukan oleh guru yang menggabungkan beberapa kompetensi dari beberapa mata pelajaran, yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik, guru berupaya merangsang minat peserta didik, dan memuat kearifn lokal, seperti tradisi atau kebiasaan masyarakat; 2) Evaluasi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal yang bersumber dari guru berupa ulangan harian, tugas mandiri, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester gasal dan genap (ulangan kenaikan kelas), dan ujian nasional. Evaluasi dalam pembelajaran tematik dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan utuh, dalam pelaksanaan pembelajaran tematik perlu mempertimbangkan alokasi waktu untuk setiap topik, banyak sedikitnya bahan yang tersedia di lingkungan, memilih tema yang terdekat dengan peserta didik, dan lebih mengutamakan kompetensi dasar yang akan dicapai dari pada tema.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik, kearifan lokal, sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 14:30
Last Modified: 20 Oct 2021 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31373

Actions (login required)

View Item View Item