Sari, Trianawati Wahyu Ningsih Ambar and , Dr. M. Muinudinillah Basri, M.A. and , Dr. Abdul Kholiq Hasan, M.A. (2014) Implementasi Pendidikan Ideal Berbasis QS. Al Alaq 1-5 di SDIT Luqman Al Hakim Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (705kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (563kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (373kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Implementasi Pendidikan Ideal Berbasis Qs. Al Alaq 1-5 di SDIT Luqman Al Hakim Surakarta. Tesis Trianawati Wahyu Ningsih Ambar Sari, NIM O 100 110 021. Program Studi Magister Pendidikan Islam. Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tahun 2013. Pendidikan pada hakekatnya adalah upaya untuk memberikan bimbingan dan fasilitas dalam rangka mengembangkan potensi fitrah peserta didik, agar menjadi sumber daya insani yang berkualitas, dan mempunyai kompetensi untuk kesempurnaan manusia yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah serta kebahagiaan di dunia dan akhirat.Surat Al-'Alaq adalah salah satu surat di dalam Al-Qur'an yang turun pada periode awal. Ayat 1-5 merupakan ayat yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad saw. Ayat pertama yang diturunkan Allah ini sangat erat dengan petunjuk-Nya tentang pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana implementasi pendidikan ideal berbasis surat Al Alaq ayat 1-5 di SDIT Luqman Al Hakim Surakarta tahun ajaran 2012/2013? dan 2) apa hambatan dan solusi dalam implementasi pendidikan ideal berbasis surat Al Alaq ayat 1-5 di SDIT Luqman Al Hakim Surakarta tahun ajaran 2012/2013?. Metode yang digunakan dalam pembahasan adalah metode kualitatif. Data yang diperlukan dalam studi ini diperoleh berdasarkan hasil dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi pendidikan ideal berbasis Qs. Al Alaq ayat 1-5 di SDIT Luqman Al Hakim Mojosongo Jebres Surakarta dapat diketahui bahwa pelaksanaan program sekolah sudah baik, budaya membaca kauniyah maupun qouliyah sudah terealisasi; kurikulum berbasis surat Al Alaq sudah terealisasi, tetapi belum maksimal karna kurangnya pembinaan SDM secara intensif; sarpras. Kurangnya alat peraga yang mendukung proses KBM; masyarakat dan orang tua wali murid sangat antusias dengan keberadaan SDIT. Hambatan pendidikan di SDIT Luqman Al Hakim yaitu sistem yang belum kuat, belum ada reward, evaluasi dan penilaian guru. Selain itu kurang ketegasan pemimpin dalam mengambil keputusan sehingga banyak karyawan yang bekerja kurang maksimal. Dengan sistem yang belum kuat akan berakibat pada SDM dan kualitas siswa. Solusi yang dilakukan untuk memperbaiki sistem yang terdapat di SDIT Luqman Al Hakim adalah dengan adanya pembiasan bagi setiap komponen yang terdapat di SDIT Luqman Al Hakim untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Ideal, Integral. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 13:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31369 |
Actions (login required)
View Item |