Implementasi Total Quality Management dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014

Alkindi, Arwin Towaf Towaf and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Implementasi Total Quality Management dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (998kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (347kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_A342.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prestasi belajar dikatakan meningkat bila indikator prestasi belajar meningkat yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Total Quality Management (TQM) atau yang dikenal Manajemen Peningkatan Mutu Terpadu adalah konsep manajemen sekolah sebagai sebuah inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang diharapkan dapat memberikan perubahan yang lebih baik sesuai dengan perkembangan, tuntutan, dan dinamika masyarakat dalam menjawab permasalahan-permasalahan pengelolaan pendidikan pada tingkat sekolah. Bertolak dari latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Total Quality Management dalam peningkatan prestasi siswa di SMA Batik 1 Surakarta beserta komponen yang dibutuhkan dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan desain penelitian Grounded Theory. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis dengan menggunakan model analisis interaktif yaitu terdiri dari empat komponen: (1) Pengumpulan data, (2) Penyederhanaan data, (3) Pemaparan data, dan (4) Penarikan kesimpulan dan pengujian data dilakukan secara simultan dalam waktu yang bersamaan. Hasil dari penilitian ini adalah Implemetasi Total Quality Management dalam peningkatan prestasi siswa di SMA Batik 1 Surakarta adalah Prestasi di SMA Batik tidak hanya menekankan pada prestasi akademik semata pada nilai sekolah dan nilai UN serta peringkat nilai tertinggi, melainkan menyeimbangkan antara prestasi akademik dengan non akademik. Hal ini sesuai dengan Visi SMA BATIK Surakarta yang menerapkan sistem integrasi IMTAQ dan IPTEK dengan menanamkan prinsip hidup berilmu-amaliyah dan beramal-ilmiah. Sepuluh unit komponen di SMA Batik 1 Surakarta dalam implementasi total quality management yakni Kepala Sekolah Quality Management Representative + Tim ISO, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaaan, Wakasek Sarana Prasarana, Wakasek Humas, Kepala Tata Usaha Tata, Bimbingan Konseling, Perpustakaan, dan Laboratorium. Ke sepuluh unit kerja tersebut kemudian diberi kewenangan untuk menyusun dokumen standar mutu yang merujuk pada Visi, Misi, dan Tujuan sekolah. Kendala yang dihadapi yaitu merubah budaya atau kebiasaan yang kurang sesuai dengan prinsip SMM ISO 9001:2008 adalah dokumentasi program yang telah dilaksanakan, implementasi metode pembelajaran PAIKEM kepada siswa kelas X tidak berjalan lancar

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Total Quality Management, Peningkatan Prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 13:14
Last Modified: 19 Oct 2021 12:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item