Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Perspektif Islam di Muhammadiyah 2 Ngawi Jawa Timur 2013/2014

Hasanah, Muwahidah Nur and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Perspektif Islam di Muhammadiyah 2 Ngawi Jawa Timur 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Perspektif Islam, Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah formal di bawah Departemen Pendidikan nasional, mempunyai tujuan antara lain adalah menghasilkan tamatan yang siap memasuki lapangan kerja secara mandiri sebagai wirausaha( entrepreneur). Dengan usia siswa yang rata-rata masih dalam masa yang produktif untuk menerima ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk di dalamnya ilmu wirausaha. Penelitian ini merupakan kondisi nyata dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan denagn rancangan etnografi. Wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen digunakan dalam pengambilan data lapangan. Pengambilan data melibatkan Kepala Sekolah,Waka Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Pendidikan kewirausahaa, Ketua Pokja BKK, dan siswa. Langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) orientasi untuk pengumpulan data secara umum untuk diteliti lebih lanjut,(2) pengumpulan data secara lebih terarah, (3) penyajian data atau pemaparan data, (4) menyimpulkan hasil akhir penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperhatikan intensitas interaksi dengan responden untuk menghindari biasnya data, memperpanjang waktu penelitian, menguji secara triangulasi serta berdiskusi denagn teman. Analisis menggunakan alur kegiatan interaktif model dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam perspektif Islam adalah: (a) persepsi pendidikan kewirausahaan dalam persepektif islam (b) penerapan sifat jujur, mandiri, tanggung jawab, kerja keras,model brainstorming dalam proses belajar mengajar, praktek kewirausahaan menumbuhkan jiwa kewirausahaan (c) menumbuhkan jiwa mandiri, kerja keras, jujur, tangung jawab dan belajar berwirausaha. Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam perspektif Islam di SMK Muhammadiyah 2 Ngawi : (a) menciptakan proses belajar mengajar yang demokratis dan bervariasi, yang menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam perspektif Islam,(b) penerapan karakteristik pada siswa tentang wirausaha dalam perspektif Islam, (c) penerapan model pembelajaran pendidikan kewirausahaan, (d) hasil pendidikan kewirausahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan islam, kewirausahaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 12:34
Last Modified: 19 Oct 2021 12:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31359

Actions (login required)

View Item View Item