Aplikasi Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Adobe Flash (Studi Kasus: SDN Wunut)

Nugroho, Yulian Adi and , Yusuf Sulistyo Nugroho, S.T., M.Eng. (2014) Aplikasi Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Adobe Flash (Studi Kasus: SDN Wunut). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (626kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saat ini masih menggunakan cara konvensional, masih dengan cara membaca dan melihat gambar yang terdapat dalam buku, sehingga masih banyak di temukan kekurangan, seperti rendahnya semangat siswa untuk mempelajari pelajaran IPA, kurangnya perhatian siswa saat menerima pelajaran dari guru, siswa kurang mengerti akan istilah-istilah dalam IPA, oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk merancang dan membuat ke dalam bentuk aplikasi yang memudahkan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan adobe flash. Aplikasi Pembelajaran IPA untuk siswa SD kelas 4 ini menggunakan software adobe flash CS3 dengan bahasa pemrograman actionscript 2.0, Paint V6.1 dan adobe audition CS6 sebagai software pendukungnya. Pengujian untuk memberikan penilaian terhadap aplikasi dilakukan di SDN Wunut untuk responden siswa kelas 4 SD dan guru dengan mendemokan aplikasi secara langsung kemudian responden memberikan penilaian melalui kuisioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu telah dibuat aplikasi pembelajaran ipa dengan baik dan lebih dari 80% responden siswa kelas 4 SD dan guru menyatakan setuju bahwa aplikasi pembelajaran ipa ini dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik, interaktif, inovatif, mudah dipahami dan dapat membantu dalam menyampaikan informasi tentang mata pelajaran ipa telah berhasil dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: adobe flash, ipa, aplikasi, pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Dec 2014 13:23
Last Modified: 08 Nov 2022 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31333

Actions (login required)

View Item View Item