Aplikasi Game Edukasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita

Irfan, Ali and , Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng (2014) Aplikasi Game Edukasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (679kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus tuna grahita merupakan anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata, disamping itu mereka memiliki keterbelakangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya. Kurangnya anak berkebutuhan khusus tuna grahita dalam memahami materi akademik khususnya matematika dalam hal berhitung, sehingga perlu adanya suatu upaya yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung bagi anak SDLB-C tuna grahita dengan tema keluarga yang memanfaatkan sensor kinect xbox 360. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun sebuah game edukasi yang mampu meningkatkan kemampuan berhitung pada anak berkebutuhan khusus tuna grahita dengan tema keluarga. Aplikasi game edukasi ini dibuat dengan menggunakan game engine Unity3D dengan bahasa pemrograman C# dan beberapa software pendukung seperti Autodesk 3ds Max, Adobe Photoshop CS3, Audacity, Camtasia Studio dan Vegas Pro 11.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC. SDLC (System Development Life Cycle) adalah model konseptual yang digunakan dalam manajemen proyek yang menggambarkan tahap-tahap yang terlibat dalam suatu proyek pengembangan sistem informasi dari definisi kebutuhan awal melalui pemeliharaan aplikasi sampai selesai. Pengujian untuk memberikan penilaian terhadap aplikasi game edukasi ini dilakukan di kelas 1 SDLB-C YPSLB Surakarta dengan mendemokan game edukasi secara langsung. Berdasarkan hasil angket kepada staff pengajar menyatakan bahwa materi yang ada dalam games edukasi ini cukup untuk membantu anak belajar meningkatkan kemampuan berhitung yang menarik sekaligus menyenangkan dengan tema keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, ABK tuna grahita, Unity3D, Kinect xbox 360
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2014 07:40
Last Modified: 08 Nov 2022 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31320

Actions (login required)

View Item View Item