Prasetyo, Sigit Ady and , Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng (2014) Augmented Reality Tata Surya Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
AWAL.pdf Download (826kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Augmented reality merupakan teknologi visualisasi yang saat ini sedang banyak dikembangkan dalam bidang game, hiburan maupun kedokteran. Sayangnya augmented reality ini masih sedikit penggunaanya dalam bidang pendidikan, dalam bidang pendidikan saat ini masih banyak didominasi buku yang terkesan monoton dan tidak disukai oleh anak usia sekolah dasar. Padahal untuk menunjang materi pengetahuan alam seperti materi tentang tata surya yang diajarkan untuk siswa sekolah dasar kelas 6 dibutuhkan media pembelajaran yang lebih interaktif dan imajinatif. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk merancang dan membuat aplikasi augmented reality tata surya sebagai sarana pembelajaran interaktif dan menarik serta dapat membantu menyampaikan materi tentang tata surya yang akan dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis android. Aplikasi ini akan menampilkan augmented reality yang berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang telah ada sebelumnya karena menggunakan media perangkat android dan menggunakan marker berbeda yaitu gambar berwarna dari objek yang akan ditampilkan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Unity 3D yang telah ditambah asset Vuforia SDK dan dengan dukungan visual scripting dari asset Playmaker SDK.Pengujian untuk memberikan penilaian aplikasi ini dilakukan di SD Negeri Pabelan 03, Kartasura dengan responden Siswa kelas 6 dan Guru Pengajar dengan mendemokan aplikasi secara langsung, lalu responden mencoba aplikasi ini sendiri setelah itu memberikan penilaian melalui kuisioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu telah dibuat aplikasi augmented reality tata surya dengan baik dan lebih dari 80% responden Siswa kelas 6 dan Guru Pengajar di SD Negeri Pabelan 3, Kartasura menyatakan setuju bahwaaugmented reality tata surya ini dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan dapat membantu dalam menyampaikan informasi tentang tata surya kepada Siswa sekolah dasar telah berhasil dicapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | augmented reality, marker, pembelajaran, tata surya, Unity, Vuforia SDK, Playmaker SDK. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 12 Dec 2014 13:20 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31314 |
Actions (login required)
View Item |