Indrawati, Dyah Fiska and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2014) Manajemen Krisis P2 Humas (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Krisis P2 Humas Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II Dalam Upaya Mengembalikan Kepercayaan Masyarakat Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (375kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Awal.pdf Download (735kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_pustaka.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Krisis itu bisa terjadi dalam sebuah instansi milik pemerintah yang bergerak dibidang keuangan. Krisis yang terjadi berupa kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh salah satu pegawai pajak yang bernama Gayus Tambunan pada tahun 2010. Kasus ini memberikan dampak kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II yang berada di kota Surakarta. Adanya kasus ini membuat kepercayaan masyarakat Surakarta menurun, target pencapaian pajak pada tahun tersebut tidak tercapai, serta mental pegawai pajak yang menurun. Penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen krisis P2 Humas Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II dalam upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat tahun 2010. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, serta observasi dengan mendatangi langsung kantor P2 humas. Untuk menentukan narasumber peneliti menggunakan teknik purposive sampling (sampling purposif) yaitu pemilihan informan berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut paut dengan karakteristik. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan tiga orang yaitu Bapak Basuki Rachkmat, Bapak Widy Apidiyanto, dan Bapak Pemilu Purnomo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menangani krisis ini P2 humas melakukan manajemen krisis melalui lima tahap yaitu identifikasi krisis, analisis krisis, isolasi krisis, pilihan strategi, dan program pengendalian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen krisis, kualitatif, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jateng II |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 13:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31286 |
Actions (login required)
View Item |