Komunikasi Pemasaran Klaster Logam Desa Tumang (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran Klaster Logam Desa Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali)

Susanto, Edy and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2014) Komunikasi Pemasaran Klaster Logam Desa Tumang (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran Klaster Logam Desa Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Perkembangan UKM dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang bagus. Produk-produk yang dihasilkan tidak sedikit yang berkualitas ekspor. Salah satunya adalah Klaster Logam Desa Tumang. Klaster Logam merupakan wadah para pengrajin UKM tembaga di Desa Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Keberadaanya merupakan salah satu aset daerah yang dimiliki Kabupaten Boyolali yang menjadi kebanggaan karena keberhasilan menembus pasar internasional. Di dalam usahnya untuk menghadapi persaingan global di pasar ekspor, Klaster Logam Desa Tumang melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, peneliti hanya bertindak sebagai pengamat, mengamati gejala dan mencatatnya dalam observasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan Snowball Sampling yaitu dengan menentukan informan utama yang kemudian dari informan utama akan muncul informan berikutnya. Untuk pengolahan data teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman. Dalam analisis interaktif ini digunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembahasan penelitian dengan teori strategi komunikasi pemasaran yang dijabarkan peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi pemasaran yang sudah dilakukan Klaster Logam Desa Tumang dalam upayanya bertahan di pasar adalah melalui saluran-saluran komunikasi antara lain penjualan personal melalui showroom-showroom, promosi penjualan melalui pameran, pemasaran langsung dan publisitas. Dengan upaya tersebut, Klaster Logam Desa Tumang mampu bersaing di pasar sasaranya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Klaster Logam Desa Tumang, Komunikasi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Dec 2014 13:21
Last Modified: 18 Oct 2021 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31177

Actions (login required)

View Item View Item