Representasi Konflik Keagamaan dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Konflik Keagamaan dalam Film Cin(T)a)

Rohadi, Barep Bagus and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2014) Representasi Konflik Keagamaan dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Konflik Keagamaan dalam Film Cin(T)a). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (326kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Representasi merupakan penggambaran Film Cin(T)a merupakan film yang menceritakan tentang dua insan manusia yang memiliki latar belakang agama yang berbeda, di dalam film ini banyak terjadi konflik-konflik agama yang membuat hubungan antara pemeran tokoh wanita yang bernama Anissa dan tokoh pria yang bernama Cina menjadi renggang karena terjadinya pengebomanpengeboman yang terjadi di sejumlah gereja-gereja di Indonesia pada malam Natal yang mengakibatkan Cina mengalami perubahan drastis dalam hidupnya. Film ini disutradarai oleh Sammaria Simanjuntak yang berhasil mendapatkan penghargaan FFI pada tahun 2009. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian milik Roland Barthes untuk menjawab rumusan masalah yang penulis rumuskan yaitu: Bagaimana Representasi Konflik Agama Islam dan Kristen dalam Film Cin(T)a? dengan cara menguraikan makna dan simbol-simbol yang terkandung di dalam film Cin(T)a tersebut dengan membaginya menjadi tiga tahap seperti membaginya ke dalam makna denotasi yaitu makna tingkat pertama yang bersifat objektif, kemudian makna konotasi yang mengacu pada nilai-nilai budaya dan berada pada tingkat kedua, serta mitos yang menghadirkan makna-makna tertentu dengan berpijak bada nilai-nilai sejarah yang terdapat di dalam film Cin(T)a tersebut. Kesimpulan yang diperoleh dari proses analisa data penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dapat diambil kesimpulan bahwa Dari korpus-korpus yang telah dibuat mengandung banyak stereotip antar pemeluk agama Islam dengan Kristen yang muncul dalam film tersebut, sehingga memicu timbulnya konflik yang terjadi dalam keagamaan yang mengakibatkan terjadinya pelecehan kitab suci, serta hilangnya rasa nasionalisme yang dimiliki oleh Cina.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Representasi, Konflik keagamaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Dec 2014 12:36
Last Modified: 18 Oct 2021 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item View Item