Pembelajaran Seni Tari Tradisional Dengan Menggunakan Iringan Musik Pada Anak Kelompok B Di TK Ba Aisyiyah Palur I Kecamatan Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Tohari, Ririana and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono, S.E. (2014) Pembelajaran Seni Tari Tradisional Dengan Menggunakan Iringan Musik Pada Anak Kelompok B Di TK Ba Aisyiyah Palur I Kecamatan Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni tari dengan menggunakan iringan musik. (2) mengidentifikasi pendukung dan penghambat pembelajaran seni tari. Hasil dari penelitian tersebut yaitu Kegiatan yang dilaksanakan akan dilakukan secara berkelompok antara perempuan dan laki – laki. Siswa perempuan menarikan tarian kupu – kupu dan siswa laki – laki menarikan tarian jaranan. Penelitian ini penelitian kualitatif. Subjek penelitian anak kelompok B di Tk Aisyiyah Palur I Mojolaban berjumlah 30 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi & wawancara. Analisis data dengan metode komparatif dan interaktif. Pencapaian skor yang di inginkan apabila nilai lebih dari 75. Hasil pengamatan di katakan sangat baik 20 % dengan skala 3 di katakan baik 40 % dengan skala 6, di katakan cukup 20% dengan skala 3 di katakan kurang 20 % dengan skala 3 dan hasil pengamatan tari jaranan di katakan sangat baik 20 % dengan skala 3 di katakan baik 60 % dengan skala 9 di katakan cukup 20 % dengan skala 3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran seni tari tradisonal dengan menggunakan iringan musik belum mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Seni Tari, Iringan Musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:11
Last Modified: 19 Oct 2021 16:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31159

Actions (login required)

View Item View Item