Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Kuda Bisik Di TK B Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Surani, Sri and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Choiriyah Widyasari, S.Psi., M.Psi (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Kuda Bisik Di TK B Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (959kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum dan secara khusus meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui permainana kuda bisik, untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui permainan kuda bisik pada anak didik kelompok B di Tk Aisyiyah Pabelan semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah Pabelan . Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B dengan jumlah peserta didik 15 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prasiklus 40%, siklus I 60%, siklus II 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa, permaian,kuda bisik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Dec 2014 13:26
Last Modified: 19 Oct 2021 16:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item