Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Pencapaian Indek Prestasi Komulatif Mahasiswa PGSD FKIP UMS Tahun 2013/2014

Pratomo, Arief and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Pencapaian Indek Prestasi Komulatif Mahasiswa PGSD FKIP UMS Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (728kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BAB_V.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia perkuliahan mahasiswa selain harus belajar rumpun mata kuliah harus mampu mengembangkan kemamppuan lain (softskill) agar kelak dapat bermanfaat ketika lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap pencapaian IPK mahasiswa PGSD FKIP UMS tahun 2013/2014. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD FKIP UMS yang mengikuti organisasi minimal satu tahun, sedangkan sampelnya adalah mahasiswa PGSD FKIP UMS yang mengikuti organisasi minimal satu tahun pada tingkat program studi PGSD maupun tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta sejumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, uji t, uji F, koefisien determinasi, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: keaktifan berorganisasi berpengaruh signifikan terhadap Pencapaian IPK Mahasiswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung>ttabel, yaitu 2,068>2,024 dan nilai signifikansi <0,05, yaitu 0,046. Hasil uji F diperoleh keaktifan berorganisasi mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap pencapaian IPK mahasiswa. Hal ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung>Ftabel, yaitu 4,726>4,08 dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,046. Dari hasil uji determinasi sebesar 0,101 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap pencapaian IPK mahasiswa adalah sebesar 10,1%, sedangkan sisanya 89,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan; berorganisasi; IPK; mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2014 07:59
Last Modified: 17 Oct 2021 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31135

Actions (login required)

View Item View Item