Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific Pada Pokok Bahasan Segiempat (PTK Pada siswa kelas VIIB semester Genap SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2013/2014)

Marfuah, Siti Azar and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific Pada Pokok Bahasan Segiempat (PTK Pada siswa kelas VIIB semester Genap SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segiempat melalui strategipembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Siswa sebagai subjek yang menerima tindakan sedangkan guru sebagai subjek yang melaksanakan tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dilihat dari indikator-indikator (1) melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 31,25% dan diakhir tindakan 68,75%, (2) melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 75%, dan (3) menarik kesimpulan sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 62,5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategipembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran matematika, pendekatan scientific, strategi problem based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2014 07:16
Last Modified: 17 Oct 2021 22:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31132

Actions (login required)

View Item View Item