Al-Haddad, Muhammad and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Perilaku guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa (studi kasus di smp al-irsyad surakarta tahun ajaran 2013-2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan proses untuk mendewasakan siswa. Dalam hal ini guru merupakan kunci keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, maka guru harus bisa menciptakan suasana yang menarik serta yang harus dijauhi seorang guru diantaranya adalah pilih-pilih, tidak adil,sering marah-marah, dan cuek didalam atau diluar kelas. Melihat setuasi seperti itu maka siswa akan malas belajar atau mengurangi motivasi dan minat belajar siswa, yang akhirnya dapat merugikan dua belah pihak. Beberapa faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses belajar adalah kecerdasan siswa, motivasi, minat sikap, dan bakat. Karena melalui beberapa faktor tersebut, khususnya motivasi, seorang siswa akan tertarik yang kemudian mendorongnya untuk benar-benar konsentrasi dalam belajar, yang berarti perilaku seorang guru harus bisa membuat siswa menarik maka dapat merangsang minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian yang penulis kemukakan di atas, agar permasalahan yang ada dapat dibahas secara terarah dan sesuai dengansasaran, maka dapat dirumuskan permasalahan, yaitu: “ Bagaimana hubungan perilaku guru dalam mengajar dengan motivasi belajar siswa?” Sedangkan tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku guru dalam mengajar dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research) dan populasinya adalah siswa SMP Al-Irsyad Surakarta yang berjumlah 9 kelas terdiri dari 212 siswa dan guru pada tahun ajaran 2013-2014.Sedang sampelnya sebesar 13% dari 212 siswa, yaitu 27 siswa SMP Al-Irsyad. Sedangkan untuk guru seluruh populasi yang ada dijadikan sampel, yaitu 26 guru dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara induktif yang berarti proses mengorganisasikan fakta atau hasil-hasil pengamatan yang terpisah menjadi suatu rangkaian, kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Berdasarkan analisis data, maka dapat penulis simpulkan bahwa guru SMP AL-Irsyad Surakarta dalam mengajar suda baik. Hal ini dapat dilihat dari cara guru mengajar, walaupun masih ada yang kurang optimal, akan tetapi proses belajar mengajar berlangsung dengan baik. Siswa SMP Al-Irsyad Surakarta mempunyai semangat untuk mengikuti pelajaran, hal ini dapat dilihat pada saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa antusias dan komunikatif. Ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai motivasi, dorongan untuk belajar. Ada hubungan positif antara perilaku guru dalam mengajar dengan motivasi belajar siswa di SMP Al-Irsyad Surakarta
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Guru Mengajar, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 15:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31128 |
Actions (login required)
View Item |