Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Course Review Horray Pada Kelas 5 SDN Cepoko Sawit Tahun Ajaran 2013/2014

Setiawan, Andung and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Course Review Horray Pada Kelas 5 SDN Cepoko Sawit Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_AWAL.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Cepokosawit pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran COURSE REVIEW HORRAY. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SDN 2 Cepokosawit.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian untuk masing - masing indicator motivasi belajar dapat dijabarkan sebagai berikut: A.) Indikator Lebih Senang belajar mandiri pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 33,92 %, kemudian pada siklus 1 pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 42,85 %. Kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 56,25 %. Kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81,24%. B.) Tekun dalam menghadapi tugas yang diberikan di dalam kelompok pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 32,14 % kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 44,14 %. Kemudian pada Siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 75% C.) Indikator Senang mencari dan memecahkan soal-soal pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 32,92 %, kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu 39,48 %. Kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 75,88%. D.) Indikator aktif dalam mengerjakan soal pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 30,35 %. Kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 41,96 %. Kemudian pada siklus 2 menjadi 78,57%. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar siswa pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 64,28% untuksiswatidakmemenuhi KKM sedangkan 35,72% memenuhi KKM. Hasil belajar pada Siklus 1 menunjukan prosentase sebesar 42,85 % belum memenuhi KKM. Sedangkan sebanyak 57,15% telah memenuhi KKM. Pada siklus 2, hasil belajar matematika siswa sebanyak 14,28% belum memenuhi KKM 85,72% siswa sudah memenuhi KKM yang ditentukan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horray, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 23 Dec 2014 11:39
Last Modified: 17 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item View Item