Puspitasari, Indri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawadengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Kragilan 2 Sragentahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Punblikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (683kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa dengan menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament pada peserta didik kelas III SD Negeri Kragilan 2 Sragen tahun 2014. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru saat mengajar dan peserta didik kelas III SDN Kragilan 2 Sragen tahun 2014 berjumlah 12 peserta didik yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 5 peserta didik perempuan. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu guru kelas III, hasil pengamatan proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe teams games tournament, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data penulis menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai indikator keterampilan menulis aksara jawa yaitu ketepatan bentuk tulisan pada pra siklus 58,88%, siklus I 70%, siklus II 82,22%. Keutuhan tulisan pada pra siklus 57,22%, siklus I 69,17%, siklus II 80,83%. Kerapian letak tulisan pada pra siklus 50%, siklus I 72,5%, siklus II 82,5%. Pola tulisan pada pra siklus 62,50%, siklus I 72,5%, siklus II 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa peserta didik kelas III SD Negeri Kragilan 2 Sragen tahun 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis aksara jawa, model kooperatif tipe teams games tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 13:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31124 |
Actions (login required)
View Item |