Wulandari, Indah and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Motivasi Siswa Dengan Pendekatan Scientific Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Geometri Bidang (PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Margoyoso-Pati Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (742kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (513kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk,meningkatkan pemahaman konsep matematika serta motivasi siswa pada pokok bahasan geometri bidang dengan pendekatan Scientifik melalui strategi PBL. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Margoyoso Pati yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan review. Teknik analisis data dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep dan motivasi siswa dengan pendekatan Scientifik melalui strategi PBL. . Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari : 1) Menyatakan kembali konsep yang telah dipelajarinya 8 siswa (25%) setelah tindakan kelas sebanyak 25 siswa (78,13%). 2)Kemampuan siswa menerapkan konsep secara tepat 4 siswa (12,5%) setelah tindakan 15 siswa (46,88%). 3)Memberi tanggapan siswa lain sebelum tindakan 6 siswa (18,75%) setelah tindakan kelas sebanyak 16 siswa (50%). 4)Membuat kesimpulan materi sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (12,5%) setelah tindakan kelas sebanyak 25 siswa (78,13%). Sedangkan peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari 1)Tekun mengerjakan tugas sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah tindakan kelas sebanyak 20 siswa (62,5). 2) Ulet dalam menghadapi kesulitan sebelum tindakan 5 siswa (15,63%), setelah tindakan 18 siswa (56,25%). 3) Senang bekerja mandiri sebelum tindakan 8 siswa (25%)setelah tindakan 24 siswa (75%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran PBL dengan pendekatan Scientific dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Motivasi, Scientifik, Strategi PBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 09:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31107 |
Actions (login required)
View Item |