Makna Referensial Pada Istilah Pendidikan Dalam Kolom Wacana Pendidikan Surat Kabar Harian Solopos Edisi Januari-Februari 2014

Hendrakusuma, Nur Cahyo and , Prof. Dr. Markhamah, M. Hum. (2014) Makna Referensial Pada Istilah Pendidikan Dalam Kolom Wacana Pendidikan Surat Kabar Harian Solopos Edisi Januari-Februari 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (532kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan wujud makna referensial pada istilah pendidikan pada kolom wacana pendidikan surat kabar harian Solopos edisi Januari- Februari 2014, (2) menjelaskan makna referensial pada istilah pendidikan pada kolom wacana pendidikan surat kabar harian Solopos edisi Januari-Februari 2014. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Subjek yang akan dikaji pada penelitian ini adalah kolom wacana pendidikan surat kabar harian Solopos, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah wujud dan makna referensial pada istilah pendidikan pada kolom wacana pendidikan surat kabar harian Solopos. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis berupa kata-kata pada kolom wacana pendidikan surat kabar harian Solopos yang berupa wujud dan makna referensial pada istilah pendidikan pada kolom wacana pendidikan surat kabar harian Solopos. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Teknik pegujian keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi teori. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik PUP. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa, wujud makna referensial pada istilah pendidikan pada kolom wacana surat kabar harian Solopos edisi Januari-februari 2014 terdiri dari makna referensial pada istilah pendidikan nama profesi berupa kata dan frasa, makna referensial pada istilah pendidikan nama jabatan berupa kata, frasa, singkatan, dan akronim, makna referensial pada istilah pendidikan nama kegiatan berupa kata, singkatan, dan akronim, makna referensial pada istilah pendidikan nama instansi berupa kata, frasa, singkatan, dan akronim. Makna referensial pada istilah pendidikan yaitu nama profesi meliputi orang yang bertugas di sekolah sebagai pengajar, nama jabatan meliputi pejabat yang menangani masalah pendidikan, nama kegiatan meliputi kegiatan yang dilaksanakan di dalam lingkungan pendidikan, dan nama instansi meliputi instansi pengawasan dan pelaksanaan pendidikan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wujud makna referensial pada istilah pendidikan, makna referensial pada istilah pendidikan, kolom wacana pendidikan, surat kabar harian Solopos.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Dec 2014 09:00
Last Modified: 16 Oct 2021 12:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item View Item