Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/ 2011

Ardhiyani, Agustiana and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.Hum and , Dra. Atiqa Sabardila, M.Hum. (2014) Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Pulikasi.pdf

Download (627kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (523kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian memiliki 2 masalah. (1) Seberapa jauh kemampuan siswa mengembangkan kaarangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Apakah pengalaman pribadi dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran mengembangkan karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun Tahun Pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini ada 2. (1) Untuk memberikan motivasi kepada pembaca agar dapat lebih meningkatkan kualitas hasil pembelajaran mengembangkan karangan narasi dengan pengalaman pribadi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun Tahun Pelajaran 2010/2011 (2) Untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang kemampuan menulis narasi siswa pada siswa kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 2 Harjowinangun . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Tes atau pemberian tugas, Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan prosentase. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang aktif pada siklus I yaitu 7 siswa atau sekitar 36,84 % aktif dan 12 siswa atau sekitar 63,15 % siswa tampak diam. Pada siklus II siswa yang aktif selama pembelajaran 10 orang atau sekitar 52,63 % dan siswa tampak diam 9 orang atau 43,36 %. Sedangkan pada siklus III siswa yang aktif meningkat pesat dalam proses pembelajaran terdapat 15 orang atau 78,94%, sedangkan hanya 4 orang atau sekitar 21,05% lainnya kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus I sebesar 26,30%, siklus II sebesar 42,11 %, dan pada siklus III sebesar 84,17 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan, Mengembangkan, Karangan Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2014 06:59
Last Modified: 20 Oct 2021 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item View Item