Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Waru Tahun Ajaran 2014/2015

HARYANTI, FIDA and , Dr. Suyatmini, M.Si. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Waru Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publkasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di MTs. Muhammadiyah Waru yang berlokasi di Desa Waru Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII D MTs. Muhammadiyah Waru dengan jumlah 34 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dibantu oleh guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Prosedur dalam Penelitian ini ada beberapa tahap yaitu dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,pemantauan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match. Hal ini dapat terlihat dari hal-hal: 1) Mendengarkan penjelasan guru, 2) Aktif dalam bertanya, 3) Aktif dalam mengemukakan pendapat, 4) Aktif dalam berdiskusi kelompok, 5) Aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata keaktifan siswa sebesar 22,54% dan prestasi belajar siswa sebesar 35,29%. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sebesar 50,91% dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 54,54%. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sebesar 89,67 % dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 93,54%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melebihi indikator keberhasilan yakni 85%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs.Muhammadiyah Waru Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Make A Match, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2014 10:00
Last Modified: 13 Oct 2021 13:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31004

Actions (login required)

View Item View Item