Mardhina, Saferi and , Tuti Rahmawati, S.Gz.,M.Si and , Dyah Widowati, SKM (2014) Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Body Image Dengan Frekuensi Konsumsi Fast Food Remaja Putri Di SMK N 4 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN_SKRIPSI_DINA.pdf Download (730kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_SKRIPSI_DINA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_SKRIPSI_DINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_SKRIPSI_DINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_SKRIPSI_DINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_SKRIPSI_DINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_DINA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI_DINA_KESELURUHAN_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (313kB) |
Abstract
Latar Belakang :Remaja merupakan golongan individu yang sedang mencari identitas diri salah satunya body image yang dimulai dari usia 12-25 tahun. Berdasarkan data Sensus Penduduk tahun 2010 jumlah remaja di Indonesia mencapai 18,5% (147 juta jiwa) dari total penduduk Indonesia. Persepsi yang salah tentang body image serta kurangnya pengetahuan tentang pembentukan body image yang baik, justru menjerumuskan remaja putri pada perilaku konsumsi makanan yang salah. Disisi lain, kurangnya pengetahuan remaja tentang gizi juga berdampak pada perilaku konsumsi, misalnya konsumsi fast food yang berlebihan. Tujuan Penelitian :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dan body image dengan frekuensi konsumsi fast food remaja putri di SMK N 4 Surakarta. Metode Penelitian :Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode cross sectional. Subjek penelitian ini adalah remaja putri kelas x kompetensi keahlian Tata Boga di SMK N 4 Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 52 subjek.Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah person product moment. Hasil Penelitian :Hasil uji korelasi person product moment hubungan pengetahuan gizi dengan frekuensi konsumsi fast food diperoleh rhitung sebesar 0,395 (p-value = 0,004), sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi dengan frekuensi konsumsi fast food. Selanjutnya hasil uji korelasi person product moment hubungan body image dengan frekuensi konsumsi fast food diperoleh rhitung sebesar 0,432 (p-value = 0,001), sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara body image dengan frekuensi konsumsi fast food. Kesimpulan :Terdapat hubungan pengetahuan gizi dan body image dengan frekuensi konsumsi fast food remaja putri di SMK N 4 Surakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan gizi, body image dan frekuensi konsumsi fast food. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2014 12:45 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30973 |
Actions (login required)
View Item |