Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Body Image Dengan Frekuensi Konsumsi Fast Food Remaja Putri Di SMK N 4 Surakarta

Mardhina, Saferi and , Tuti Rahmawati, S.Gz.,M.Si and , Dyah Widowati, SKM (2014) Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Body Image Dengan Frekuensi Konsumsi Fast Food Remaja Putri Di SMK N 4 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN_SKRIPSI_DINA.pdf

Download (730kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_SKRIPSI_DINA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_SKRIPSI_DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_SKRIPSI_DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_SKRIPSI_DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_SKRIPSI_DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_DINA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI_DINA_KESELURUHAN_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)

Abstract

Latar Belakang :Remaja merupakan golongan individu yang sedang mencari identitas diri salah satunya body image yang dimulai dari usia 12-25 tahun. Berdasarkan data Sensus Penduduk tahun 2010 jumlah remaja di Indonesia mencapai 18,5% (147 juta jiwa) dari total penduduk Indonesia. Persepsi yang salah tentang body image serta kurangnya pengetahuan tentang pembentukan body image yang baik, justru menjerumuskan remaja putri pada perilaku konsumsi makanan yang salah. Disisi lain, kurangnya pengetahuan remaja tentang gizi juga berdampak pada perilaku konsumsi, misalnya konsumsi fast food yang berlebihan. Tujuan Penelitian :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dan body image dengan frekuensi konsumsi fast food remaja putri di SMK N 4 Surakarta. Metode Penelitian :Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode cross sectional. Subjek penelitian ini adalah remaja putri kelas x kompetensi keahlian Tata Boga di SMK N 4 Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 52 subjek.Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah person product moment. Hasil Penelitian :Hasil uji korelasi person product moment hubungan pengetahuan gizi dengan frekuensi konsumsi fast food diperoleh rhitung sebesar 0,395 (p-value = 0,004), sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi dengan frekuensi konsumsi fast food. Selanjutnya hasil uji korelasi person product moment hubungan body image dengan frekuensi konsumsi fast food diperoleh rhitung sebesar 0,432 (p-value = 0,001), sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara body image dengan frekuensi konsumsi fast food. Kesimpulan :Terdapat hubungan pengetahuan gizi dan body image dengan frekuensi konsumsi fast food remaja putri di SMK N 4 Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan gizi, body image dan frekuensi konsumsi fast food.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Nov 2014 12:45
Last Modified: 09 Sep 2022 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30973

Actions (login required)

View Item View Item