Fungsi Bimbingan Konseling Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu Tahun Pelajaran 2013/2014

Kusumawati, Risa and , Dra. Hj. Chusniatun, M. Ag. and , Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag. (2014) Fungsi Bimbingan Konseling Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (618kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (605kB)

Abstract

Bimbingan Konseling Islami di sekolah bertujuan untuk memecahkan masalah yang terjadi pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan Islami, karena bimbingan konseling dengan pendekatan Islami akan lebih bermakna dibanding dengan pendekatan sekuler (Barat). Adanya bimbingan konseling Islami dalam pembinaan akhlak sangat penting dengan memberi dorongan, motivasi dan solusi terhadap permasalahan siswa secara tidak langsung akan melakukan perbaikan terhadap akhlak siswa. Bimbingan dan Konseling Islami juga harus mengedapankan proses keagaamaan sebagai proses utama dalam melakukan pelayanan kepada siswa. SMK Delanggu adalah salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan bimbingan konseling Islam dalam sistem pendidikannya, karena dalam pelaksanaanya tidak mengedepankan kekerasan, melainkan pelaksanaan bimbingan dan konseling disekolah tersebut mengedepankan nilai-nilai keagamaan. Penyebab timbulnya siswa bermasalah di sekolah bisa jadi dalam pergaulan yang kurang baik atau bebas, kurang pembinaan secara Islami. Jika melihat penyebab siswa bermasalah tersebut maka fungsi guru bimbingan konseling sangat penting terutama dalam memberikan bimbingan konseling secara Islami dalam pembinaan akhlak pada siswa. Maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Fungsi Bimbingan Konseling Islami (BKI) saat ini dan bagaimana fungsi BKI dalam pembinaan akhlak saat ini di SMK Muhamadiyah Delanggu”? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi yang dilakukan guru bimbingan konseling dan fungsinya dalam pembinaan akhlak di SMK Muhammadiyah Delanggu. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan, terutama tentang fungsi bimbingan konseling Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan konseling, guru agama, dan wali kelas di SMK Muhamamdiyah Delanggu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data Hasil penelitian di SMK Muhammadiyah Delanggu dapat diambil Kesimpulan: 1. Fungsi bimbingan konseling Islami saat ini di SMK Muhammadiyah Delanggu adalah: a) Preventif b) Kuratif dan c) Preservative 2. fungsi yang dilakukan guru bimbingan konseling di SMK Muhammadiyah Delanggu yang bekerja sama dengan guru mata pelajaran, wali kelas, guru agama dan kepala sekolah dalam pembinaan akhlak adalah: Mengikut sertakan siswa dalam setiap kegiatan keagamaan di sekolah dan mengadakan absensi untuk mengetahui siswa siapa yang tidak mengikutinya, mengikut sertakan siswa pada tiap kegiatan guna melatih, meningkatkan serta pembinaan kemampuan siswa, menanamkan kebiasaan baik, membina pembentukan sikap disiplin dalam diri siswa dengan cara melatih kedisiplinan siswa dalam segala hal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Bimbingan Konseling Islami, Pembinaan Akhlak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2014 10:25
Last Modified: 19 Oct 2021 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30901

Actions (login required)

View Item View Item