Setyorini, Dewi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Dusun Girimulyo, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (820kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (525kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Belajar Anak di Dusun Girimulyo, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek anak yang putus sekolah dengan jumlah 44 anak. Manfaat penelitian ini, secara teoritis dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian yang sama. secara praktis adalah dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi orangtua untuk menyekolahkan anaknya pada jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini dianalisis dengan metode angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data yang digunakan untuk memperoleh data. Proses penelitian dilakukan dua tahap. Tahap pertama pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk mengetahui Pengaruh Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Belajar Anak. Tahap selanjutnya merupakan proses pengolahan data dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan pengaruh ekonomi keluarga dan motivasi belajar anak. Hasil pengaruh ekonomi keluarga yaitu tergolong Rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil jumlah nilai angket 913 jika dirata-rata 913/44 = 20,75 atau 21. Sedangkan pengaruh motivasi belajar anak hasilnya adalah Sedang. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai angket 1.551 jika dirata-rata 1.551/44 = 35,25 atau 35. Antara kedua variabel Terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh t hitung = 6,48 sedangkan t tabel =2,01 pada taraf signifikan 5% dan t tabel=2,69 pada taraf signifikan 1%, maka t hitung lebih besar dari t tabel sehingga H0 ditolak dan HI diterima. Kesimpulannya ada pengaruh antara ekonomi keluarga dengan motivasi belajar anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi Keluarga, Anak dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 10:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30899 |
Actions (login required)
View Item |