Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Kelas 6 Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Tuna Laras Bhina Putera Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Rahayu, Vina Rias Teguh and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2014) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Kelas 6 Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Tuna Laras Bhina Putera Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (679kB)

Abstract

Metode merupakan salah satu faktor penting dalam suatu pendidikan termasuk Pendidikan Agama Islam. Suatu kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan secara efektif tanpa adanya metode, karena metode merupakan sarana dalam menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum yang telah disusun dan dengan metode maka tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode apa yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak SDLB Tuna Laras Bhina Putera Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tuna laras serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak SDLB Tuna Laras Bhina Putera Surakarta. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah menambah wawasan dan khazanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan secara praktis dapat dijadikan masukan, sumbangan, pemikiran dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan dan pembinaan Pendidikan Agama Islam di sekolah luar biasa, baik di SDLB Tuna Laras Bhina Putera Surakarta maupun yang lainnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan enggunakan pendekatan kualitatif, karena data-data yang diperlukan untuk meyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan yaitu di SDLB Tuna Laras Bhina Putera Surakarta. Untuk dapat memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif, sedangkan penarikan kesimpulannya menggunakan metode deduktif dan induktif. Deduktif adalah cara berfikir yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya umum dan bertitik tolak pada pengetahuan umum untuk menilai suatu kejadian yang khusus, sedangkan induktif adalah cara berfikir untuk menggambil kesimpulan dari masalah yang sifatnya khusus ke masalah-masalah yang sifatnya umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode-metode pembelajaran yang digunakan guru PAI di SDLB Tuna Laras Bhina Putera Surakarta bervariasi, dalam setiap penyampaian materi guru menggunakan metode yang berbeda-beda. Metode tersebut adalah: metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Adapun beberapa faktor pendukung, antara lain adanya semangat belajar siswa yang tinggi, guru PAI tepat dalam memilih metode pembelajaran, dan kondisi belajar yang mendukung. Selain, faktor pendukung juga ada faktor penghambat, antara lain: keadaan peserta didik yang memiliki karakter yang beragam dan selalu berubah-ubah setiap harinya, fasilitas yang kurang memadai, dan kompetensi yang hendak dicapai belum tuntas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, PAI, dan Anak Tuna Laras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2014 10:00
Last Modified: 19 Oct 2021 13:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30896

Actions (login required)

View Item View Item