Peran Komandan Batalyon Dalam Pendidikan Karakter Anggota (Studi Kasus Resimen Mahasiswa Yon. 916 Samber Nyowo Universitas Muhammadiyah Surakarta)

A.Rahman, A.Rahman and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Peran Komandan Batalyon Dalam Pendidikan Karakter Anggota (Studi Kasus Resimen Mahasiswa Yon. 916 Samber Nyowo Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKAS.pdf

Download (791kB)

Abstract

Masalah kepemimpinan merupakan pembahasan yang sangat luas dan mencakup bidang yang luas pula dan memiliki peran yang sangat penting khususnya dalam hal pendidikan karakter baik itu dalam sebuah organisasi, institusi pemerintah, dan organisasi sosial masyarakat, dan lebih khususnya dalam organisasi kemahasiswaan yang dalam hal ini berbicara tentang Resimen Mahasiswa(MENWA).Ketika peran kepemimpinan atau figur seorang komandan dirasa sangat penting dalam organisasi kemenwaan yang dalam hal ini untuk membentuk karakter anggotanya, maka dituntut juga tujuan pembentukan itu mengarah pada visi maupun misi dari resimen itu sendiri. Berdasarkan latar belakang yang telah penulis uraikan, maka masalah yang akan menjadi bahan kajian dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana dan apa saja Peran Komandan Batalyon 916 Resimen Mahasiswa Samber Nyowo Universitas Muhammadiyah Surakarta Dalam Pendidikan Karakter Anggota? Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Komandan Batalyon dalam pendidikan karakter anggota di Resimen Mahasiswa 916/Samber Nyowo Universitas Muhammadiyah Surakarta, meliputi usaha-usaha apa saja yang dilakukan. Adapun yang menjadi objek dan tempat penelitian ini yaitu dilingkungan Resimen Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Batalyon 916/ Samber Nyowo. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kualitatif atau lapangan dimana dalam pengambilan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dan dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif analitik dan metode induktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Komandaan resimen mahasiswa Batalyon 916/Samber Nyowo universitas muhammadiyah surakarta cukup berperan sebagai planner, pelaksana, pengawas, ahli, organisator, aktifator, pengadil, penengah, perwakilan kelompok, bagian dari organisasi, dan penanggung jawab, serta menjadi seorang ayah dalam penyelenggaraan pendidikan karakter bagi anggotanya, serta dalam menyelenggarakan pendidikan karakter bagi anggotanya komandan beserta para personilnya yaitu staf dan setingkat staf, saling mendukung satu sama lain dan terkondisi dengan baik demi terwujudnya tujuan yang diharapkan bersama. Dan sebagai seorang komandan juga harus memiliki sifat-sifat kepemimpinan yang sesuai dengan yang diharapkan sebagai seorang komandan, yaitu diantaranya a) Rendah hati dan sederhana, b) Suka menolong, c) Sabar, d) Jujur, adil, dan dapat dipercaya, e) Percaya diri. Atau yang lebih dikenal dalam Islam disebut dengan Siddhiq, Amanah, Fatonah, dan Tabligh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Komandan, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2014 09:33
Last Modified: 19 Oct 2021 13:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30890

Actions (login required)

View Item View Item