upaya bimbingan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al quran pada siswa di madrasah ibtidaiyah negeri takeran magetan tahun pelajaran 2012/2013

Muttaqin, Alfian Huda and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) upaya bimbingan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al quran pada siswa di madrasah ibtidaiyah negeri takeran magetan tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
1_HALAMAN_DEPAN_ALFIAN_G000080052.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
2_BAB_I_ALFIAN_G000080052.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II )
3_BAB_II_ALFIAN_G000080052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab III )
4_BAB_III_ALFIAN_G000080052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab IV )
5_BAB_IV_ALFIAN_G000080052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V )
6_BAB_V_ALFIAN_G000080052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
7_DAFTAR_PUSTAKA_ALFIAN_G000080052.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran )
8_LAMPIRAN_ALFIAN_G000080052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI_ALFIAN_G000080052.pdf

Download (178kB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar yang dilakukan siswa tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan dan hambatan dalam kegiatan belajar, dalam hal ini yaitu kesulitan membaca Al Quran. Tapi tidak semua siswa yang mengalami kesulitan membaca Al Quran. Berbagai kesulitan yang dihadapi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Takeran adalah masih banyak diantara siswa yang dalam tahap belajar membaca Al Quran, misalnya siswa masih ada yang terbata-bata dalam membaca Al Quran dan juga masih ada yang dalam taraf pembelajaran dini yaitu jilid iqra’. Siswa juga masih banyak melakukan kesalahan dalam hal membaca hukum bacaan yang dibaca dengung dan yang tidak dibaca dengung, panjang pendek bacaan dan kelancaran dalam membaca. Sedangkan pada kenyataanya kurikulum Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Takeran mewajibkan semua siswa harus bisa membaca, menulis dan menghafal ayat dan hadits. Oleh karena itu penulis dalam skipsi ini ingin mencoba mengungkap bagaimana upaya bimbingan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al Quran pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Takeran Kec.Takeran Kab.Magetan Jawa Timur. Skripsi ini membahas tentang upaya apa saja yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengadakan bimbingan untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al Quran pada siswa dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al Quran pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam bimbingan untuk mengatasi kesulitan membaca Al Quran dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi kesulitan membaca Al Quran pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, interview dan documenter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam memilih metode yang tepat, penggunaan media yang bervariasi, guru berusaha dengan lebih telaten dalam memahamkan siswa, guru memberikan pekerjaan rumah, selalu memberikan motivasi kepada siswanya, setelah selesei kegiatan. Faktor pendukung yaitu diantaranya guru pendidikan agama Islam mewajibkan bagi siswa yang masih iqra’ untuk ikut taman pendidikan Al Quran (TPQ), dan faktor penghambat yaitu siswa mempunyai beragam kemampuan disebabkan input lulusan yang berbeda, ada siswa lulusan TKIT (taman kanak-kanak Islam terpadu) dan ada siswa lulusan TK (taman kanak-kanak) umum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Siswa Membaca Al Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2014 13:39
Last Modified: 19 Oct 2021 13:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30881

Actions (login required)

View Item View Item