Khoirunika, Intan and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. M. Yusron, M.Ag. (2014) Peran qaryah thayibah dalam meningkatkan pendidikan masyarakat 2013/2014 (studi kasus ‘aisyiyah desa bero cabang trucuk klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I )
04._BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II )
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bab III )
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
PDF (Bab IV )
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab V )
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab VI )
09._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Lampiran )
11._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. Pentingnya pendidikan menjadikan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi bangsa dan negara. Pendidikan terdiri dari tiga macam, pendidikan formal, nonformal dan informal. Salah satunya pendidikan nonformal dan informal yang diadakan dalam kegiatan Qaryah Thayibah desa Bero. Qaryah Thayibah adalah salah satu program utama dari ‘Aisyiyah Cabang Trucuk Klaten yang memusatkan perhatiannya kepada pendidikan. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah apa bentuk peran Qaryah Thayibah dalam meningkatkan pendidikan masyarakat Bero Cabang ‘Aisyiyah Trucuk Klaten beserta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Qaryah Tahyibah dalam meningkatkan pendidikan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan bentuk peran Qaryah Thayibah dalam meningkatkan pendidikan masyarakat beserta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bentuk peran pengurus Qayah Thayibah dalam meningkatkan pendidikan masyarakat desa Bero Cabang ‘Aisyiyah Trucuk Klaten berupa pendidikan masyarakat nonformal dan masyarakat informal. Dalam pendidikan masyarakat nonformal Qaryah Thayibah ada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dinamakan KB ‘Aisyiyah Bero, merupakan salah satu kegiatan untuk melayani kebutuhan anggota dan umat Islam. Adapun pendidikan masyarakat informal Qaryah Thayibah Bero mendirikan pengajian rutin setiap malam minggu dan malam rabu, pelatihan ketrampilan, kegiatan pertanian dan perikanan, serta kegiatan kesehatan yaitu Posyandu Lansia. Faktor pendukung dalam meningkatkan pendidikan masyarakat adalah aktifnya pengurus, adanya dana yang mencukupi, dan adanya minat dari penduduk desa Bero. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan pendidikan masyarakat ini adalah belum adanya sosialisasi konsep Qaryah Thayibah yang benar, belum adanya monitoring, dan minimnya tenaga penggerak kegiatan Qaryah Thayibah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Qaryah Thayibah Bero Cabang ‘Aisyiyah Trucuk, Pendidikan Masyarakat dan Anggota Qaryah Thayibah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 13:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30873 |
Actions (login required)
View Item |