Pengaruh pembelajaran praktek kultum terhadap wawasan keagamaan siswa di smp muhammadiyah 10 surakarta tahun pelajaran 2013/2014

Yanto, Nanang Qodri Fitri and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag. (2014) Pengaruh pembelajaran praktek kultum terhadap wawasan keagamaan siswa di smp muhammadiyah 10 surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan_NEW.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (641kB)

Abstract

Metode merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Praktek kultum merupakan salah satu metode yang digunakan guru PAI SMP Muhammadiyah 10 Surakarta untuk meningkatkan wawasan keagamaan siswanya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran praktek kultum terhadap wawasan keagamaan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara praktek kultum terhadap wawasan keagamaan siswa menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 20.00. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif praktek kultum terhadap wawasan keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang datanya bersifat kuantitatif-korelasional. Analisa datanya menggunakan Regresi Linier Sederhana. Dengan persyaratan uji “t” dan uji Anova.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VII dan VIII yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: 1). Ada hubungan positif antara pengaruh praktek kultum terhadap wawasan keagamaan 2). Sumbangan pengaruh praktek kultum terhadap wawasan keagamaan sebesar 9,7% yang ditunjukkan dengan nilai R = 0,097 atau 9,7% sedangkan sisanya sebesar 90,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3). Berdasarkan uji “t” dapat disebutkan bahwa besarnya nilai probabilitas sebesar 0,038 < dari 0,05, dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan praktek kultum memberikan pengaruh positif terhadap wawasan keagamaan siswa. 4). Berdasarkan uji Anova dimana F hitung > F tabel (4,608 > 4,067). Maka dapat diintersepsikan bahwa variable independent (X) signifikan memberikan kontribusi terhadap variable dependent (Y). 5). Selain itu diperkuat dengan uji hipotesis dimana thitung> ttabel (8,388> 2,016) hal ini menunjukan bahwa memang praktek kultum memberi dampak yang positif terhadap wawasan keagamanansiswa putra yakni bertambahnya mental siswa dalam menyampaikan kultum serta bertambahnya wawasan keagamaan baik berupa wawasan Akidah, Syari’ah, maupun Akhlak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Praktek Kultum, Wawasan Keagamaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2014 12:12
Last Modified: 19 Oct 2021 13:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30868

Actions (login required)

View Item View Item