Salma, Khumaida and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Peran Ekstrakurikuler Wajib Iqro’ Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2013/2014 (Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab VI)
8._Bab_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Dafatr Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
12._Naskah_Publikasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang wajib dibaca dan dipelajari. Mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya adalah bagian dari keutamaan menjadi seorang mukmin. Permasalahan banyaknya siswa yang kurang lancar atau belum bisa membaca al-Qur’an menjadi keresahan pada setiap guru mata pelajaran Agama Islam. Memberikan jam tambahan baca al-Qur’an menjadi solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut, sebagaimnana SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo yang mengadakan ekstrakurikuler wajib Iqro’ untuk kelas X sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan banyaknya siswa yang belum mampu membaca al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler wajib Iqro’ terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran ekstrakurikuler wajib Iqro’ terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo belum dapat berjalan secara optimal, Akan tetapi pemilihan program ekstakurikuler wajib Iqro’ dengan menggunakan metode Iqro’ yang hanya dilakukan selama satu tahun sudah tepat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran, ekstrakurikuler, kemampuan membaca |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 08:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30862 |
Actions (login required)
View Item |