Pendidikan Kader Muhammadiyah Dalam Meningkatkan Karakter Mahasiswa (Studi Kasus di Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansyur Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012/2013)

Wahyuningsih, Indah and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Pendidikan Kader Muhammadiyah Dalam Meningkatkan Karakter Mahasiswa (Studi Kasus di Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansyur Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Organisasi yang baik adalah yang mampu menunjukkan eksistensi dirinya di antaranya yaitu berkualitas dan memiliki banyak anggota. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang merupakan salah satu organisasi otonom dari Muhammadiyah juga berupaya untuk menjaga ekistensinya, khususnya kualitas dari kadernya. Salah satu upaya adalah dengan pendidikan kader sebab organisasi akan maju ketika dipimpin oleh orangorang yang melewati proses perkaderan di dalam organisasi tersebut. Oleh karena itu, apa saja bentuk pendidikan kader muhammadiyah dalam meningkatkan karakter mahasiswa di Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansyur UMS beserta faktor pendukung dan penghambatnya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendidikan kader dalam meningkatkan karakter mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansyur UMS beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai masukan dan sebagai informasi strategi perkaderan Muhammadiyah yang dapat meningkatkan karakter mahasiswa serta bahan evaluasi bagi pihak-pihak yang berperan dalam pelaksanaan perkaderan Muhammadiyah di Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansyur UMS. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data dari Pimpinan dan Kader Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansyur UMS, dokumen serta buku-buku perkaderan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Muhammadiyah. Untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara dengan model focus group discussion, sedangkan analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan metode deduktif. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah pendidikan kader dalam meningkatkan Karakter Mahasiswa di PK. IMM KH. Mas Mansyur UMS terbagi menjadi empat kelompok yaitu Pra Perkaderan yang meliputi Masa Ta’aruf, Perkaderan Utama yang meliputi Darul Arqom Dasar dan Pendelegasian Darul Arqom Madya, Perkaderan Khusus meliputi Pelatihan Instruktur Dasar, Perkaderan Pendukung meliputi Sekolah Kader, Kajian Al-Islam, Kajian Kristologi, Kader Adventure serta Pendelegasian. Kemudian yang menjadi faktor pendukung adalah adanya dukungan dan perhatian dari PC. IMM Kab. Sukoharjo, ijin dari Pengurus Pondok Internasional serta semangat juang para kader dan pimpinan dalam membangun komisariat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah dari internal yaitu double job Pimpinan di luar organisasi dan perbedaan fakultas, serta dari eksternal yaitu hambatan dan tantangan dari organisasi kemahasiswaan sejenis di sekitar kampus dan kurang perhatian dari pimpinan pondok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kader Muhammadiyah, Karakter Mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 11:36
Last Modified: 19 Oct 2021 13:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30860

Actions (login required)

View Item View Item