Khoiriyah, Anita and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. (2014) Peran ‘Aisyiyah Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Ranting Miri Desa Bulu Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Periode 2011-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
||
|
PDF (Naskah Puvlikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (278kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan manusia. Dalam konsep Islam pendidikan merupakan penataan individu dan sosial yang menyebabkan seseorang tunduk dan patuh pada ajaran Islam dan menerapka nnya dalam kehidupan individu dan masyarakat. ‘Aisyiyah selaku gerakan amar ma’ruf nahi munkar juga meningkatkan pendidikan Islam melalui program kegiatan ‘Aisyiyah. Masalah yang diteliti yaitu apa peran ‘Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan Islam di Ranting Miri desa Bulu, kec. Polokarto, kab. Sukohrjo? Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat ‘Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan Islam di Ranting Miri desa Bulu, kec. Polokarto, kab. Sukoharjo? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran ‘Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan Islam dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi ‘Aisyiyah dalam rangka meningkatkan pendidikan Islam di Ranting Miri desa Bulu kec. Polokarto kab. Sukoharjo. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah menambah wacana keilmuan dalam pendidikan, dan diharapkan dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian yang sama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data dari pimpinan ‘Aisyiyah Ranting, anggota, dokumen data program kerja. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi sedangkan metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Adapun kesimpulan berdasarkan analisis data penelitian, peran ‘Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan Islam di Ranting Miri melalui lima bidang. Yaitu 1. Bidang tabligh, dengan mengadakan berbagai macam kajian. 2. Bidang pendidikan dasar dan menengah, dengan pengelolaan Taman pendidikan Al-Qur’an dan Taman Pendidikan Anak Usia Dini. 3. Bidang Pembina Kesehatan dan Lingkungan Hidup dan Kesejahteraan Sosial yaitu dengan meningkatkan kepedulian sosial, kebiasaan gotong royong dan tolong menolong serta menyantuni anak yatim piatu fakir miskin dan lansia. 4. Bidang ekonomi dengan menggalakkan infak dan shodaqoh. 5. Bidang kader dan sumber insani dengan pembinaan pada anggota dan calon anggota ‘Aisyiyah sebagai penerus perjuangan. Faktor pendukung dan penghambat ‘Aisyiyah dalam meningkatkan pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor pendidikan, yaitu pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, alat pendidikan dan lingkungan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran ‘Aisyiyah, Pendidikan Islam, Ranting Miri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2014 10:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30852 |
Actions (login required)
View Item |