Upaya Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Baca Tulis Al-Quran (BTA) Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono

Rohmah, Anita Sofi Alfauziati and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Upaya Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Baca Tulis Al-Quran (BTA) Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (598kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (574kB)

Abstract

Di SMP Negeri 2 Banyudono, guru menentukan mutu pendidikan, disini gurulah yang paling penting dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia. Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dikelas melalui proses belajar mengajar. Oleh sebab itu dalam proses belajar mengajar motivasi sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat dalam mempelajari agama Islam. Dengan proses belajar mengajar yang monoton siswa akan merasakan kejenuhan saat proses belajar mengajar, maka adanya strategi pembelajaran tutor sebaya akan membantu dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam khususnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran Baca Tulis al-Quran (BTA). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI maateri baca tulis al-Quran (BTA) dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa kelas VII SMP N 2 Banyudono. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan belajar siswa dalam pembelajaran PAI Materi Baca Tulis al-Qur’an (BTA) setelah diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya pada kelas VII SMP N 2 Banyudono. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Guruagama, dan Siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi dengan pola pemikiran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan cara, memberikan hukuman, hadiah, pujian, angka, ulangan, saingan atau kompetensi, minat, hasrat untuk belajar, tujuan yang diakui, mengetahui hasil dan ego-involment. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas setelah menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya antara lain yaitu:pertama Siswa lebih tekun menghadapi tugas dari guru (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai).Kedua Menunjukkan minat (minat untuk mempelajari bacaan tulia al-Qur’an).Ketiga Tidak mudah melepaskan hal yang sudah diyakini.keempat Ulet menghadapi kesulitan. Faktor penghambatnya adalah 1) Siswa tidak memiliki dasar pengetahuan yang relevan maka metode ini menjadi tidak efektif. 2) Kemungkinan didominasi oleh siswa yang suka berbicara. 3) Tidak semua guru benar-benar memahami cara masing-masing siswa bekerja di kelompok. 4) Memerlukan perhatian guru yang ekstra kuat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Motivasi, Belajar Baca Tulis al-Qur’an, Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 08:32
Last Modified: 19 Oct 2021 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30850

Actions (login required)

View Item View Item