Manfaat Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh (Studi Kasus di Kelas VII D MTs Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2013/2014)

, Abdurrahman and , Drs. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Manfaat Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh (Studi Kasus di Kelas VII D MTs Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Proses belajar-mengajar merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam pembelajaran di kelas guru menggunakan berbagai metode dan strategi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu guru juga menggunakan berbagai alat bantu sebagai penunjang dalam mengajar seperti buku paket dan media pembelajaran lainnya. Penggunaan LKS oleh guru sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran karena pada LKS ini terdapat soal-soal yang dapat langsung dikerjakan. Madrasah sanawiyah Negeri Surakarata II merupakan salah satu Sekolah yang mengajarkan mata pelajaran Fiqh. Pembelajaran di kelas VII D yang merupakan bagian dari MTsN II Surakarta dirasa kurang optimal karena kurangnya referensi buku paket sebagai buku pegangan siswa serta kurangnya media pembelajaran yang disediakan pihak sekolah. Salah satu media yang ada yang efektif sebagai penunjang pembelajaran siswa adalah LKS dan salah satunya pada mata pelajaran Fiqh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manfaat dari LKS dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan LKS pada mata pelajaran Fiqh di kelas VII D di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara induktif yang berarti proses mengorganisasikan fakta atau hasil-hasil pengamatan yang terpisah menjadi suatu rangkaian, kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manfaat LKS dalam meningkatkan pemahaman siswa dan kelebihan serta kekurangan dengan menggunakan LKS yaitu, membantu siswa dalam memahami materi, menjadikan siswa lebih siap dalam menerima pelajaran di sekolah, membantu dalam proses belajar mengajar baik dari siswa maupun guru, memotivasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran baik secara perseorangan maupun kelompok. Adapun kelebihan LKS, yaitu materi dalam LKS mudah dipahami, membantu guru memahami materi, memotivasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran baik secara perseorangan maupun kelompok, dapat membangkitkan semangat siswa dalam proses belajar di kelas maupun di rumah, mampu mengarahkan cara belajar siswa, sehingga lebih memiliki motivasi yang kuat untuk belajar giat, dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Sedangkan kekurangan LKS yaitu dimanfaatkan oleh guru yang kurang kreatif untuk tidak mengajar, guru terlihat agak malas dalam membuat soal, kadang isi LKS tidak sesuai dengan yang diharapkan, menimbulkan pelajaran yang membosankan, lembar kerja siswa hanya melatih siswa untuk menjawab soal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manfaatan LKS, Mata Pelajaran Fiqh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 07:24
Last Modified: 19 Oct 2021 13:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item View Item