Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Empiris Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014)

Khotimah, Khusnul and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Empiris Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IIII)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (488kB)

Abstract

Sekolah merupakan sarana yang sangat penting bagi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, dibutuhkan pengelolaan kelas yang baik, efektif dan efisien agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan tujuan pendidikan dapat tercapai. SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar telah berusaha melakukan pengelolaan kelas dengan baik dan maksimal hal tersebut terbukti dengan beberapa prestasi yang dicapai dalam bidang akademik dan nonakademik. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar, faktor pendukung dan penghambat serta solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni suatu penelitian untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada awal didirikan pengelolaan kelas masih dilakukan secara sederhana, sarana dan prasarana yang tersedia masih terbatas dan belum memadai, sehingga guru mengalami kesulitan berinovasi dalam pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan masih monoton. Walaupun, pengelolaan kelas masih dilakukan dengan cara yang sederhana, prestasi yang dicapai dari sisi akademik sudah cukup baik. Dalam perkembangannya pengelolaan kelas di SDIT Muhammadiyah Al- Kautsar terus berkembang menjadi lebih baik, sehingga memberikan hasil yang positif terhadap perkembangan prestasi siswa, baik prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik. Adapun faktor pendukung pengelolaan kelas di antaranya lokasi yang strategis, aman, jauh dari keramaian, lingkungan yang bersih, sosialisasi wali kelas terhadap masyarakat, guru yang berkompeten, dan sarana prasarana yang mendukung. Faktor penghambat, yaitu keragaman karakteristik siswa, guru/wali kelas yang berbeda pemahaman dalam pengelolaan kelas. Sedangkan solusi dalam mengatasi hambatan yang dihadapi, yaitu berkaitan dengan karakteristik siswa yang berbeda dengan membuat aturan tertentu yang disepakati bersama dalam bentuk tata tertib kelas sebagai kontrak belajar, persamaan persepsi melalui diskusi (rapat) yang menyangkut perkembangan peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:51
Last Modified: 19 Oct 2021 12:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30840

Actions (login required)

View Item View Item