Fitriani, Pristisa Nur and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi belajar dan mempermudah guru dalam mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar efisien dan kondutif. Fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar. dengan adanya media siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran tanpa motivasi, sangat mungkin pembelajaran tidak menghasilkan belajar. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Birrul Walidain Sragen dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan tujan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mengkaji sejauh mana penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajarannya serta usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis diskriptif kualitatif yang akan diperoleh melalui observasi dan wawancara serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran di SMP Birrul Walidain Sragen telah membantu dan memudahkan guru dalam mengajar serta dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga tercipta suasana pembelajaran yang variatif, kondusif dan menyenangkan. Di dalam mengajar guru mengadakan bervariasi dalam mengajar yaitu dengan menggunakan metode active learning dan memafaatkan media pembelajaran misal dalam mengajar guru menampilkan slide dan setiap siswanya menggunakan laptop secara mandiri. Dengan cara seperti ini untuk melatih para siswa agar lebih aktif dan membangkitkan keinginan untuk lebih giat belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bervariatif serta mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan media pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2014 12:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30834 |
Actions (login required)
View Item |