Awalita, Siti Nurdina and , Drs. Zainal Abidin, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Melalui Strategi Paikemi (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan Dan Islami) Di MTSN Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (9MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu tantangan pendidikan Islam yang perlu dicarikan alternatif jalan keluarnya adalah mengenai persolan metode. Untuk itu perlu adanya upaya dari pihak sekolah terutama guru dan khususnya guru Akidah Akhlak agar pembelajaran dapat menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif dan kreatif dalam belajar, salah satunya adalah dengan menerapkan strategi PAIKEMI. Maka, penulis tertarik untuk meneliti tentang “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa melalui Strategi PAIKEMI di MTsN Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014”. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa melalui strategi PAIKEMI di MTsN Ngemplak Boyolali. Baik melalui pembelajaran Akidah Akhlak maupun kegiatan keagamaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi PAIKEMI dalam meningkatkan religiusitas siswa serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi PAIKEMI di MTsN Ngemplak Boyolali. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan tenaga pendidik yaitu untuk mempertahankan apa yang telah baik, dan terus mengevaluasi untuk menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MTsN Ngemplak Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan cara deduktif yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa: religiusitas siswa di MTsN Ngemplak Boyolali masih rendah sebelum penerapan strategi PAIKEMI, tetapi setelah diterapkan terjadi peningkatan religiusitas siswa, salah satunya adalah banyak siswa yang sadar diri untuk melakukan shalat berjamaah tanpa diperintah oleh guru. Dimana pembelajaran Akidah Akhlak dengan strategi PAIKEMI dibagi menjadi dua, yaitu pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas. Serta terdapat dua faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi PAIKEMI, yaitu faktor pendukung meliputi kondisi lingkungan sekolah yang cukup nyaman dan sejuk, guru yang mampu dalam bidangnya dan telah mengikuti berbagai seminar maupun workshop, serta kesiapan dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah alokasi waktu pembelajaran akidah akhlak yang hanya satu jam pelajaran, keterbatasan media atau alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran, serta guru tidak bisa memantau kegiatan siswa sehari-hari selama di rumah dan apakah wali siswa sudah memantau dengan baik atau belum terhadap perilaku religius siswa di rumah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru Akidah Akhlak, Religiusitas, Strategi PAIKEMI (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan Dan Islami). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2014 10:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30827 |
Actions (login required)
View Item |