Pengaruh Penambahan Dynamic Stretching Pada Lower Extremity Muscles Sebelum Sprint Training Terhadap Kecepatan Lari Sprint 100 Meter Pada Siswa Sekolah Sepak Bola Di Kota Salatiga

Al Baihaqi, Alfi Rasyif and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc (2014) Pengaruh Penambahan Dynamic Stretching Pada Lower Extremity Muscles Sebelum Sprint Training Terhadap Kecepatan Lari Sprint 100 Meter Pada Siswa Sekolah Sepak Bola Di Kota Salatiga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Lari adalah frekuensi langkah yang dipercepat sehingga pada waktu berlari ada kecenderungan badan melayang. Lari jarak pendek (sprint) adalah lari yang menempuh jarak 60 meter sampai 400 meter. Sprint training adalah suatu latihan yang dilakukan dalam waktu singkat, dikerjakan berulangulang dengan intensitas yang relatif tinggi. Dynamic stretching adalah penguluran dengan kuat dan cepat yang dilakukan dalam kecepatan dan intensitas penguluran yang tinggi dengan karakteristik gerakan yang memantul sehingga berpengaruh pada ROM sendi. Kecepatan dalam lari jarak pendek (sprint) adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang dirubah menjadi gerakan halus dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh dan beda pengaruh antara sprint training dengan penambahan dynamic stretching pada lower extremity muscles sebelum sprint training terhadap kecepatan lari jarak pendek (sprint) 100 meter pada siswa sekolah sepak bola di Kota Salatiga. Metodelogi Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pre and post test two group design. Sampel berjumlah 20 orang dengan pemberian perlakuan sebanyak 2 kali dalam seminggu selama 4 minggu. Kecepatan lari jarak pendek diukur dengan menggunakan stopwatch dengan satuan detik. Hasil: Hasil uji pengaruh sprint training menunjukkan nilai p-value sebesar 0,005 < 0,05. Hasil uji pengaruh dynamic stretching dan sprint training menunjukkan nilai p-value sebesar 0,005 < 0,05. Hasil uji beda pengaruh menunjukkan nilai pvalue sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh sprint training terhadap kecepatan lari jarak pendek (sprint) 100 meter. Ada pengaruh penambahan dynamic stretching pada lower extremity muscles sebelum sprint training terhadap kecepatan lari jarak pendek (sprint) 100 meter. Ada beda pengaruh antara pemberian dynamic stretching pada lower extremity muscles sebelum sprint training dengan hanya pemberian sprint training terhadap kecepatan lari jarak pendek (sprint) 100 meter.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lari jarak pendek, sprint training, dynamic stretching, kecepatan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2014 10:47
Last Modified: 09 May 2016 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30808

Actions (login required)

View Item View Item