Fitri, Nur Ma’rifatul and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Upaya Meningkatkan Prestasi Pada Pelajaran Menghafal Al Qur’an Melalui Strategi Peer Lesson Pada Siswa Kelas IA SDIT Nurul Istiqlal 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_IIL.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_E.pdf Download (820kB) |
Abstract
Penggunaan metode ceramah yang menyebabkan pembelajaran kurang menyenangkan, juga siswa diposisikan sebagai subyek pembelajaran yang pasif, akibatnya adalah keaktifan siswa dan prestasi menghafal al-Qur’an siswa kurang maksimal. Maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus sebagai upaya meningkatkan prestasi menghafal siswa kelas IA SDIT Nurul Istiqlal Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran menghafal Al-Qur’an melalui strategi peer lesson pada siswa kelas I SDIT Nurul Istiqlal Wonosari Klaten 2013/2014? dan (2) Apakah strategi Peer Lesson mampu meningkatkan prestasi pada mata pelajaran menghafal Al-Qur’an melalui strategi peer lesson pada siswa kelas I SDIT Nurul Istiqlal Wonosari Klaten 2013/2014? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan menerapkan penelitian tindakan kelas yang meliputi rangkaian siklus dengan analisis deskriptif prosentase. Temuan penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap siklusnya. Dalam hal prestasi menunjukkan peningkatan secara bertahap. Pada tahap pra siklus atau sebelum diterapkan strategi peer lesson sebesar 48% sedangkan setelah dilaksanakan pembelajaran melalui strategi peer lesson pada tahap siklus I sebesar 69,2% dan pada siklus II meningkat dengan baik hingga 88,4%. Pada tahap pra siklus siswa yang telah tuntas dengan KKM 70 sebanyak 3 siswa atau 11,6% dan yang belum tuntas sebanyak 23 siswa atau 98,7%, sedangkan pada tahap siklus I Siswa yang tuntas sebanyak 15 anak atau 57,6% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 anak atau 42,3%, sedangkan pada siklus II sudah mencapai target yaitu yang tuntas 100%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi, Keaktifan, Strategi Peer Lesson |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Nov 2014 08:28 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30781 |
Actions (login required)
View Item |