Penerapan Metode Demonstarasi Pada Bidang Studi Fiqih Kelas Vc Di SDIT Ar-Risalah Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Kardoyo, Kardoyo and , Dr. Imron Rosadi, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Penerapan Metode Demonstarasi Pada Bidang Studi Fiqih Kelas Vc Di SDIT Ar-Risalah Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
9R._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RRR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (819kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar berjalan efektif ketika pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan materi ajar dan tujuan pembelajaran, selain itu juga tersedianya seorang pendidik yang mempunyai keahlian dalam membawakan metode pembelajaran yang telah dipilih sekaligus menguasai materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik. secara teoritis kalau tiga unsur tersebut sudah tersedia dan diterapkan dengan baik maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan mudah. Salah satu metode pembelajaran yang bisa menjadi alternatif oleh para pendidik adalah metode demonstrasi, metode ini sesuai dengan materi ajar yang mempunyai tujuan pembelajaran psikomotor, metode tersebut bisa diterapkan pada proses pembelajaran fiqih terutama pada materi sholat, dengan metode demonstrasi maka peserta didik bisa melihat secara langsung prakteknya dan memotivasi peserta didik untuk menirunya sehingga materi dapat di pahami dan dimengerti secara maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yang mempunyai tujuan penelitian mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi pada bidang studi fiqih di SDIT Ar-Risalah Kartasura dan mendiskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode demonstrasi pada studi fiqih di SDIT Ar-Risalah Kartasura.teknik pengumpulan data dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SDIT Ar-Risalah kartasura sukoharjo kelas VC dapat di ketahui hasilnya berdasarkan data-data yang terkumpul, kemudian dianalisis berdasarkan teori-teori yang ada. Metode demonstrasi yang diterapkan di SDIT Ar- Risalah kalau dilihat berdasarkan karakteristik metode pembelajaran maka metode tersebut masuk dalam karakteristik metode pembelajaran langsung dan kalau dinilai berdasarkan prinsip dan fungsi metode mengajar dalam pembelajaran maka dapat di simpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada studi fiqih kelas VC di SDIT Ar-Risalah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dan memenuhi kriteria-kriteria penerapan metode pembelajaran yang baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, bidang studi Fiqih dan SDIT Ar-Risalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Nov 2014 09:04
Last Modified: 18 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30760

Actions (login required)

View Item View Item