Kesejahteraan Siswa Dari Keluarga Pra Sejahtera

Anisa, Rizky and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2014) Kesejahteraan Siswa Dari Keluarga Pra Sejahtera. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Keluarga pra sejahtera merupakan keluarga yang belum mampu memenuhi kebutuhan dasar minimal seperti pengajaran, agama, sandang, papan, kesehatan. Namun demikian siswa dari keluarga pra sejahtera mendambakan kesejahteraan walaupun dengan kondisi keluarga yang kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan kesejahteraan siswa yang tinggal pada keluarga pra sejahtera. Informan utama dalam penelitian ini adalah siswa SMP, tinggal bersama orang tua, orang tua siswa yang tidak tamat SD, lulus SD dan SMP serta bekerja sebagai buruh, kuli bangunan, petani, tukang becak, atau pemulung. Metode pengambilan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan screening kuesioner terbuka, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengertian sejahtera menurut siswa dari kleuarga pra sejahtera adalah hidup tentram, damai, dan bahagia ketika tidak ada gangguan dari orang lain. Penilaian diri siswa terhadap kesejahteraan meliputi bahagia memiliki keluarga, mendapat perhatian teman, dan patuh terhadap peraturan sekolah. Faktor pendorong kesejahteraan siswa dari keluarga pra sejahtera meliputi faktor internal; memiliki hubungan baik dengan orang lain seperti bermain dengan teman dan membantu orang tua, melakukan hal yang positif, sedangkan faktor eksternal: melakukan kegiatan positif, dan bermain bersama teman, serta mendapat dukungan dari teman, saudara, dan orang tua. Faktor penghambat kesejahteraan siswa dari keluarga pra sejahtera meliputi faktor internal; Selain itu kurang dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain. seperti tidak mengerjakan PR dari guru, menarik diri dari pergaulan, dan mengganggu orang lain, sedangkan faktor eksternal; kurang mendapat dukungan dari teman seperti diganggu, diusili, dan diejek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan siswa, Keluarga pra sejahtera
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Nov 2014 07:50
Last Modified: 18 Oct 2021 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item