Dinamika Bermain Komputer Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Lestari, Rani Wahyuni and , Lisnawati Ruhaena,S.Psi,M.Psi (2014) Dinamika Bermain Komputer Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (795kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bermain komputer adalah jenis permainan yang digunakan sebagai media hiburan yang semakin lama semakin berkembang dan beranekaragam dengan sistem melawan responden lain atau melawam dengan sistem yang ada didalam komputer PC/laptop/ smartphone/ tablet. ipad. Karakteristik anak yang memiliki kegemaran bermain komputer yaitu bermain komputer menjadi ciri khas, toleransi, mengubah suasana hati, penarikan diri, mengulang kembali, konflik, menimbulkan masalah-masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan memahami dinamika bermain komputer pada anak usia 4-5 tahun, sehingga dapat mengetahui dan memahami proses anak bermain komputer serta perilaku yang muncul saat anak bermain komputer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah 5 informan yang memiliki anak usia 4-5 tahun gemar bermain komputer. Hasil penelitian anak meniru dari orang sekitar agar dapat menghilangkan rasa kesepian sehingga anak dapat bermain berjamjam. Permainan yang ada didalam komputer dapat bersifat pembelajaran atau hanya untuk kesenangan saja sehingga dapat merubah suasana hati hingga melupakan kegiatan yang lain, bersikap tidak perduli dengan lingkungan dan melupakan aktifitas seperti makan, mandi dan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain komputer, anak usia 4-5 tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Nov 2014 13:22
Last Modified: 18 Oct 2021 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30717

Actions (login required)

View Item View Item