Interaksi Ibu Dengan Anak Usia Dini Dalam Proses Pengenalan Tulisan Menggunakan Media Pembelajaran

Jauharoh, Su’ad and , Chusniatun,M.Ag (2014) Interaksi Ibu Dengan Anak Usia Dini Dalam Proses Pengenalan Tulisan Menggunakan Media Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halamn Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Interaksi dalam proses pengenalan tulisan pada anak usia dini berlangsung secara timbal balik. Ibu berusaha membantu anak agar terlibat aktif secara emosi dan pikiran tanpa memaksakan kemauan anak, sehingga dapat mudah menerima informasi yang ibu berikan dan anak dapat merespon ibu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana interaksi ibu dan anak usia dini dalam proses pengenalan tulisan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menggunakan wawancara dan observasi. Subjek penelitian berjumlah 3 pasang ibu dan anak, yaitu ibu yang memiliki anak berumur 2-5 tahun dan memberikan pembelajaran pengenalan tulisan menggunakan media pembelajaran yaitu media kartu huruf, media buku cerita bergambar dan buku AISM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam proses interaksi antara ibu dan anak pada pengenalan tulisan terdapatpenjelasan, motivasi, pujian,sentuhan dan kasih sayang. Ibu berusaha menanamkan keceriaan dan kebahagiaan, memberi reward dan mengajak anak bercanda. Hal tersebut sesuai dengan pola interaksi yang Rasulullah contohkan. Faktor pendukung interaksi dalam proses pengenalan tulisan adalah media pembelajaran yang dipakai, sedangkan faktor penghambatnya adalah suasana hati anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi ibu dengan anak, pengenalan tulisan (huruf dan kata), media pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Nov 2014 12:13
Last Modified: 18 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30712

Actions (login required)

View Item View Item