Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Strategi Everyone Is A Teacher Here Kelas V SD Negeri 2 Gedaren Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/ 2014

Purnawati, Tri and , Drs. Djalal Fuadi, M.M (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Strategi Everyone Is A Teacher Here Kelas V SD Negeri 2 Gedaren Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (322kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS melalui strategi Everyone is a teacher here siswa kelas V SD Negeri 2 Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan. pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan aspek kognitif dengan tes tertulis dan data aspek afektif dan psikomotorik dengan observasi dan dengandokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Peningkatan motivasi siswa menunjukkan kemajuan dari kondisi awal rata- rata sebesar 48,4%, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here menjadi sebesar 51,53%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi sebesar 76,55%. Peningkatan hasil belajar menunjukkan kemajuan kondisi awal rata- rata sebesar 61,87, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 66,25, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi sebesar 72,5. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal rata- rata sebesar 37,5%, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 50%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi sebesar 81,25%. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan: “penggunaan strategi Everyone is a teacher here dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Gedaren tahun 2013/ 2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, Everyone is a teacher here.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2014 07:45
Last Modified: 14 Oct 2021 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30612

Actions (login required)

View Item View Item