Pengaruh Minat Profesi Guru Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2010

Supriyatiningsih, Supriyatiningsih and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd, (2014) Pengaruh Minat Profesi Guru Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh minat profesi guru terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun angkatan 2010. Populasi penelitian ini adalah 278 mahasiswa PGSD UMS dengan sampel penelitian adalah 60 mahasiswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan rumus liliefors dan uji linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y= 2,832 + 0,006X. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (2,734) > ttabel (2,002). Karena thitung berada di daerah penolakan H0, maka ada pengaruh positif yang signifikan minat profesi guru terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai r adalah sebesar 0,114 yang berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh minat profesi guru terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah sebesar 11,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Minat profesi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun angkatan 2010, 2) pengaruh yang diberikan oleh minat profesi guru terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah sebesar 11,4 % sedangkan 88,6 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat profesi guru, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 09:30
Last Modified: 17 Oct 2021 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30583

Actions (login required)

View Item View Item