Setiawan, Andi Surya and , Dra. Risminawati, M.Pd and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Perbandingan Efektivitas Media Komik Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Metamorfosis Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Pada SDN 2 Girimarto Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (814kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mencari perbandingan efektifitas hasil belajar disini dapat saya simpulkan Media komik lebih efektif dari pada metode pembelajaran dengan mengunakan Media gambar terhadap hasil belajar pada materi pokok Metamorfosis kelas IV SD Negeri 2 Girimarto wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang saya ambil disini adalah dengan 3 metode yaitu dokumentasi, tes dan observasi. Metode Analisis data yang saya gunakan adalah kuantitatif dengan mengunakan system SPSS. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 50 kelas IV SD Negeri 2 Girimarto wonogiri tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian terpilih sampel sebanyak 50 siswa yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan media komik sedangkan kelompok kontrol dengan mengunakan media gambar. Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5% dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti metode pembelajaran dengan media komik lebih efektif dari pada metode pembelajaran dengsn media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Girimarto wonogiri tahun pelajaran 2010 / 2011 pada materi IPA Metamorfosis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran dengan media komik, pembelajaran dengan media gambar dan hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 17:02 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 12:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30549 |
Actions (login required)
View Item |