Implementasi Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014)

Ardiyanto, Febri Erik and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2014) Implementasi Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang telah memberlakukan kurikulum 2013 di SMP N 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus tindakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menerapkan model analisis interaktif yang tahapannya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Keabsahaan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 siswa merasa nyaman dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat Penjabaran proses pencapaian konsep dengan metode ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu sebagai berikut: data dikemukakan kepada siswa, siswa menganalisis metode untuk mendapatkan konsep-konsep, siswa menganalisis metode untuk mendapatkan konsep-konsep, siswa mengaplikasikan konsep.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode discovery learning, pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Oct 2014 07:04
Last Modified: 19 Oct 2021 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30524

Actions (login required)

View Item View Item