Sari,, Rizki Novita and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2014) Implementasi Pembelajaran Dan Penilaian Sikap Spiritual Pada Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (211kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF
08._BAB_V.pdf Download (27kB) |
|
|
PDF
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (178kB) |
|
|
PDF
10._LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 dan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian sikap spiritual yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sesuai kurikulum 2013 di kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn kelas X, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Triangulasi data dalam penelitian ini yaitu sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data dan penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 sudah dilaksanakan sesuai kurikulum 2013. Hal ini terbukti dengan kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran baik sebelum, saat kegiatan berlangsung maupun sesudah pembelajaran. Guru mempersiapkan silabus, RPP, Prota, strategi pembelajaran, media, dan sarana prasarana pendukung lain demi terciptanya sebuah pembelajaran yang baik serta efektif berdasarkan kurikulum 2013. Implementasi penilaian sikap spiritual yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 sudah sesuai kurikulum 2013. Hal ini terbukti ketika guru menilai aspek sikap spiritual siswa melalui observasi di dalam dan luar kelas, serta lembar penilaian teman sejawat dan lembar penilaian diri peserta didik. Penilaian aspek sikap spiritual lantas dituangkan guru di dalam raport.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Penilaian Sikap Spiritual, Kurikulum 2013, Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 12:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30518 |
Actions (login required)
View Item |